Guru Sebaiknya Juga Menguasainya


Bila siswa-siswa kita sudah banyak yang menguasai komputer dan internet, guru sebaiknya menguasainya juga. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan melalui internet. Banyak tugas-tugas diselesaikan dengan cepat karena menguasai teknologi ini.
Usia sudah tua, sebentar lagi saya pensiun, untuk apa belajar toh anak saya bisa membantu, udahlah.. bisa minta bantuan atau rental aja. ITU AJA KOK REPOT. alasan-alasan seperti ini mungkin terselip dalam pikiran sebagian guru. Saya pikir, alasan-alasan itu wajar, mungkin karena mata yang sudah mulai kabur, pensiun sudah dekat, anak bisa yang bantu, duit untuk rental cukup, dan pekerjaan lain banyak. Tetapi, bukan itu hal esensialnya. yang terpenting adalah penguasaan teknologi untuk menambah ilmu
pengetahuan kita sebagai guru. agar kita dapat mengimbangi pertanyaan-pertanyaan siswa di kelas.
Dahulu orang berkata: ilmu GURU dan SISWA berjarak satu malam, ilmu DOSEN dan MAHASISWA berjarak setipis kulit bawang. Sekarang jarak ilmu guru dan siswa tidak ada lagi. Siswa-siswa yang kreatif, kaya akan bahan bacaan dan menguasai ilmu teknologi akan mendahului ilmu gurunya pada materi-materi tertentu. Kita guru tidak bisa sepenuhnya mengandalkan pengalaman semata, meskipun itu penting. Kita tidak bisa lagi mengandalkan metode pengajaran kita yang usang yang kita pakai berulang-ulang kali dari tahun ke tahun. Kita juga tidak bisa mempertahankan bahwa metode kitalah yang terbaik. KITA PERLU MEMBUKA DIRI DENGAN DUNIA LUAR. Saya menyimpulkan bahwa orang yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bahasa maju lebih jauh ke depan.